Self-Love: Apa dan Bagaimana?

Sahabat, apa yang muncul di pikiranmu ketika mendengar istilah self-love? Menurut psikolog Deborah Khoshaba Psy.D, self-love adalah keadaan apresiasi terhadap diri sendiri yang bersifat dinamis, yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual kita—tindakan yang membuat kita dewasa (Psychology Today, 2012).

Memahami dan mempraktikkan self-love merupakan hal yang esensial, karena seseorang yang tidak mencintai dirinya sendiri dapat berujung pada self-esteem (harga diri)—penilaian seseorang mengenai dirinya sendiri—yang rendah, terlalu fokus pada pikiran negatif, menyalahkan diri sendiri, melakukan tindakan melukai diri sendiri, dan menunjukkan sikap denial (penyangkalan). Oleh karena itu, berikut tujuh cara yang dapat Sahabat lakukan sebagai bentuk mencintai diri sendiri:

1. Akui kekuatan dan kelemahanmu

Setiap manusia pasti memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Coba untuk melihat kembali kelebihan-kelebihan yang ada dalam dirimu, dan coba untuk tidak berfokus pada kekurangan yang ada dalam dirimu. Refleksikan kembali, bagaimana kelebihan yang ada dalam dirimu ini membantu dirimu?

2. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Ketika mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan atau tidak sesuai dengan diri kita, tidak jarang kita melabelkan dan menyalahkan diri kita dengan berpikir, “Saya bodoh,” “Saya tidak bisa apa-apa,” dan sebagainya. Percayalah, tidak ada orang yang sempurna, baik saya, kamu, ataupun kita semua. Oleh karena itu, coba untuk tidak menyalahkan dirimu, namun tetap be present dan perbaiki ke depannya, sehingga kamu dapat terus berkembang.

3. Bersyukur dan mengapresiasi diri sendiri

Sudahkah kamu bersyukur terhadap apa yang kamu miliki saat ini? Sudahkah kamu berterima kasih kepada dirimu sendiri atas apa yang telah ia lakukan sejauh ini? Cobalah untuk mengapresiasi dirimu dengan mengucapkan, “Terima kasih kepada diriku yang telah membantu dan selalu ada selama ini!”

4. Jadilah dirimu sendiri, dan jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Setiap manusia memiliki masanya sendiri dan memiliki waktu yang tepat untuk mereka sendiri. Jika membandingkan dengan orang lain memberikan efek negatif dalam dirimu, maka cobalah untuk melihat ke dalam dirimu lagi apa yang telah dilakukan sejauh ini. Cara bahagia yang terbaik adalah bukan membandingkan antara kamu dengan orang lain, namun dengan melihat ke dalam diri dan menyadari apa yang telah kamu lakukan sejauh ini terhadap dirimu.

5. Beri “hadiah” untuk dirimu sendiri

Dirimu juga butuh apresiasi. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan atau berikan “hadiah” untuk dirimu sendiri sebagai ucapan terima kasih kepada dirimu. Misalnya, makan makanan yang kamu sukai, melakukan hobimu, dan sebagainya.

6. Sadari bahwa kamu tidak sendiri

Berada di titik terendah terkadang dapat membuatmu merasa sendirian menghadapi ini semua. Hal tersebut tentu dapat dipahami. Namun, ketahuilah bahwa kamu tidak sendiri, kita bersama-sama melalui ini semua. Berceritalah kepada temanmu, kepada orang-orang yang kamu percaya. Kamu juga dapat selalu meminta bantuan konselor atau psikolog jika dibutuhkan.

7. Maafkan dirimu

Setiap orang memiliki kesalahan, penyesalan, ataupun hal-hal yang tidak diinginkan dalam dirinya. Namun, jika kita tidak memaafkan diri sendiri, maka siapa lagi? Dengan berdamai pada masa lalu dan dirimu, maka kamu dapat lebih enjoy dalam menjalani hidup.

Mencintai diri sendiri merupakan rangkaian proses yang tidak terjadi secara instan. Terapkan satu per satu cara di atas, dan kamu akan mulai menerima dirimu dan apa yang terjadi di sekitarmu, memiliki kepercayaan diri, dan akhirnya lebih menikmati hidupmu.

 

You’re not okay and that’s okay. You’re not obligated to be perfectly fine and that’s perfectly fine. Feel what you feel, but don’t let it control your life.”

 

Referensi:

[1] https://www.psychologytoday.com/us/blog/get-hardy/201203/seven-step-prescription-self-love

 


Penulis: Ilham Anggi Putra, M.Psi (Konselor Kariib)

Editor: Diana Afifah (Tim Kariib)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *