Masalah Apa Saja yang Bisa Saya Konsultasikan pada Psikolog?  

Sampai sekarang, banyak anggapan bahwa kita hanya dapat melakukan konsultasi mengenai masalah gangguan emosional atau gangguan jiwa dengan psikolog. Apakah benar demikian?

Psikolog adalah sebutan untuk praktisi psikologi: ilmu yang berfokus pada perilaku dan proses mental yang melatarbelakangi kehidupan manusia, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai praktisi, psikolog berkompeten dan berwenang untuk memberikan layanan psikologi. Adapun layanan psikologi adalah pemberian jasa dan praktik psikologi dalam rangka pencegahan, pengembangan dan penyelesaian masalah-masalah psikologis—salah satunya ialah konseling.

Dari sini, kita bisa melihat bahwa psikolog tidak hanya ahli perihal gangguan-gangguan emosional, melainkan perkembangan manusia pada umumnya. Selain itu, tujuan dari konsultasi psikologi tidak hanya berfokus pada penyelesaian, melainkan juga pada pencegahan dan pengembangan. Dalam menjalankan fungsinya, masalah yang ditangani oleh psikologi konseling dilihat dari perspektif perkembangan, lingkungan, dan budaya.

Tidak ada batasan tertentu mengenai topik masalah yang ditangani dalam konseling. Jasa seorang konselor—baik itu dalam konseling tatap muka maupun konseling online—dapat dimanfaatkan untuk aspek kehidupan yang sangat luas. Misalnya, bagi kamu yang ingin menentukan jurusan kuliah atau arah karier, menumbuhkan motivasi, memperkuat hubungan dengan pasangan, mengalami kesulitan dalam interaksi sosial, atau kamu yang sebenarnya hanya ingin mengenal dan memahami diri sendiri lebih baik.

Oleh karena itu, kamu bisa curhat, melakukan konsultasi dengan psikolog apapun itu masalah yang membebani pikiranmu—sekalipun terkesan sepele. Konselor Kariib memiliki spesialisasi isu yang bermacam-macam, mulai dari permasalahan akademis, bullying, hubungan percintaan, karier, keluarga, interaksi sosial, manajemen waktu, dan lain-lain. Untuk melihat selengkapnya bidang apa saja yang dapat ditangani oleh konselor Kariib, kamu bisa cek di sini ( https://kariib.com/konselor-kariib/ ).

 

Referensi

https://www.apa.org/ed/graduate/specialize/counseling

https://himpsi.or.id/organisasi/kode-etik-psikologi-indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *