Kapan Saya Harus Pergi ke Psikolog?  

Ketika mengetahui seseorang melakukan konsultasi dengan psikolog, mungkin banyak di antara kita yang mengira bahwa orang tersebut sedang mengalami gangguan mental yang berat. Lantas, apakah batasan “berat” yang menentukan seseorang perlu pergi ke psikolog atau tidak?  

Beberapa tanda kamu perlu mempertimbangkan untuk melakukan konsultasi dengan psikolog meliputi:

  • Kamu merasakan ketidakberdayaan dan kesedihan yang luar biasa dan berkepanjangan.
  • Kamu khawatir berlebihan, terpikirkan akan hal yang terburuk, atau selalu gelisah.

  • Kamu merasa kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti tidak dapat berkonsentrasi mengerjakan tugas, dan akibatnya kinerjamu menurun.

  • Kamu mengalami pengalaman traumatis, atau kehilangan sesuatu yang sangat berarti bagimu.

  • Masalahmu tampaknya tidak menjadi lebih baik meskipun ada upaya dan bantuan dari keluarga dan teman.

  • Kamu melakukan hal yang berbahaya bagi diri sendiri atau orang lain, seperti minum terlalu banyak alkohol, menyalahgunakan narkoba, atau menjadi terlalu agresif.

Tanda-tanda yang disebutkan di atas merupakan indikasi yang cukup jelas seseorang mungkin membutuhkan bantuan profesional. Namun, terlepas dari itu, perlu diketahui bahwa kamu tidak hanya dapat memanfaatkan konsultasi psikologi ketika berada dalam periode krisis, atau ketika masalahmu berada pada tingkat yang parah saja. Melakukan konseling ketika masalah ringan atau sedang dapat mencegah masalah menjadi parah. Layaknya orang-orang menemui dokter umum untuk mengecek kesehatannya, konsultasi dengan psikolog juga merupakan salah satu bentuk memelihara kesehatan mental. 

Selain itu, konseling dilakukan tidak hanya ketika kamu ingin menjadi “tidak sedih”, melainkan ketika kamu ingin menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri—mencapai potensi penuh yang kamu miliki. Oleh karena itu, jangan ragu untuk pergi ke psikolog, ya, Sahabat! Akses konsultasi psikologi kini semakin mudah dengan adanya Kariib sebagai platform konseling online, sehingga kamu bisa curhat online dengan psikolog profesional.

 

Referensi

https://www.apa.org/helpcenter/choose-therapist

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/where-science-meets-the-steps/201303/5-signs-its-time-seek-therapy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *