Apa yang akan dilakukan oleh psikolog selama konseling?

Kalau ke psikolog tuh, bakal diapain aja sih?

Mungkin ada beberapa Sahabat Kariib yang sungkan untuk datang ke Psikolog karena takut akan bayangan apa yang terjadi ketika konsultasi kepada Psikolog. Kira-kira, akan diapakan ya kalau kita datang ke Psikolog?
Pertama, biasanya Psikolog akan mengajak kita untuk ngobrol ringan seputar keseharian kita. Setelah itu, Psikolog akan menanyakan hal-hal terkait masalah yang membuat kita mencari bantuan mereka lewat konseling. Tenang saja, pertanyaan yang diberikan akan seputar dirimu dan masalah yang dihadapi, jadi kita bisa lebih terbuka untuk cerita karena tidak ada jawaban benar atau salah seperti dalam ujian. Beberapa hal yang biasanya ditanyakan adalah sudah berapa lama mengalami masalah tersebut, apa saja dampak yang dirasakan, serta hal-hal yang sudah dilakukan untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Setelah mendapat gambaran mengenai masalah yang dihadapi, Psikolog akan mengajak kita untuk berdiskusi menemukan solusi dari masalah tersebut. Hanya saja, setiap klien membutuhkan jumlah sesi konseling yang berbeda-beda hingga benar-benar pulih dari masalah yang dihadapi.

Lalu, apa saja yang tidak kita dapatkan saat konseling ke Psikolog?

Saat ke Psikolog, kita tidak akan mendapatkan:
  • Obat, karena obat-obatan adalah keahlian dari Psikiater.
  • Penilaian negatif, seperti dicap berdosa atau dipandang sebelah mata.
Kita juga tidak perlu khawatir akan tersebarnya cerita atau aib yang telah kita sampaikan kepada psikolog. Hal ini dikarenakan psikolog memiliki kode etik selama ia melakukan konseling. Oleh karena itu, kita bisa lebih tenang dan terbuka untuk datang konsultasi ke Psikolog.
Sumber:
Bressert, S. (2016). What to expect in your first counseling session. Psych Central. Diakses dari https://psychcentral.com/lib/what-to-expect-in-your-first-counseling-session/

Penulis: Berlian Damenia M, M.Psi., Psikolog (Psikolog Kariib)

Kariib adalah platform konseling online dan pendukung kesehatan mental bagi sahabat di seluruh Indonesia.
Untuk curhat atau konseling secara online dengan lebih dari 100 Psikolog kariib, kamu dapat klik link berikut (bit.ly/LineSahabatKariib) kemudian ketik “Buat Janji”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *