Apa itu Konseling?

Dewasa ini, Sahabat mungkin sering mendengar istilah konseling. Banyak yang mengira bahwa konseling berarti melakukan konsultasi, atau bahkan curhat dengan psikolog. Ketiga istilah ini—konseling, konsultasi, dan curhat—sering tumpang tindih digunakan dalam konteks yang sama, padahal sebenarnya masing-masing memiliki pendekatan yang berbeda. Jadi, apa itu konseling?

 

Menurut Himpunan Psikologi Indonesia, konseling adalah kegiatan yang dilakukan untuk membantu mengatasi masalah psikologis yang berfokus pada aktivitas preventif dan pengembangan potensi positif yang dimiliki dengan menggunakan prosedur berdasarkan teori yang relevan. Orang yang menerima layanan konseling disebut dengan klien, sedangkan orang yang memberi layanan konseling disebut konselor, yang umumnya merupakan seorang psikolog. 

 

Berdasarkan pengertian di atas, kita dapat melihat bahwa hal utama yang membedakan konseling dengan curhat dan konsultasi psikologi adalah konseling memiliki pendekatan yang lebih bersifat dua arah—klien dan konselor saling bekerja sama, dan prosedur yang lebih sistematis. Adanya “pengembangan potensi positif” menunjukkan bahwa konselor tidak berfokus pada masalah klien, melainkan berupaya mengeksplorasi kekuatan yang dimiliki klien, dan mengarahkan bagaimana kekuatan tersebut dapat diaplikasikan untuk pemecahan masalah. Prinsip konseling adalah memahami bahwa setiap orang memiliki rangkaian pengalaman unik masing-masing, sehingga prosedur yang digunakan dalam konseling pun akan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik tersebut.

 

Seiring berkembangnya praktik konseling, kini konseling tidak hanya dapat dilakukan secara tatap muka, melainkan juga secara online. Kariib merupakan salah satu platform konseling online yang memungkinkanmu menyampaikan keluh kesah secara anonim. Tidak hanya sekadar curhat online, Sahabat juga dapat menerima sudut pandang yang objektif terkait masalahmu dari psikolog profesional pilihan Sahabat.

 

Referensi

https://himpsi.or.id/organisasi/kode-etik-psikologi-indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *